Uncategorized

6 Makanan Khas Makasar Paling Melegenda

6 Makanan Khas Makasar Paling Melegenda

Apakah anda adalah salah satu yang merayakan hari raya Lebaran atau Idul Fitri di Makassar tahun ini? Jika iya, maka bisa jadi besar kamu akan menikmati 6 kuliner khas Makassar yang mesti ada di masing-masing meja santap saat Lebaran. Apa saja sih makanannya? Di bawah ini antara lain http://agent88bet.co/coto Makassar atau Sop Konro yang telah dikenal, ke 6  makanan ini adalah sajian tradisional khas suku Bugis yang sering tersaji di sat Lebaran tiba. Daripada penasaran, yuk anda simak selengkapnya di bawah ini.

1. Nasu Likku

Dalam bahasa Bugis, likku memiliki makna lengkuas. Sejatinya memang masakan ini berbahan dasar lengkuas yang ditumbuk halus, dan ditabur di atas nasi beserta potongan ayam goreng. Sejak lama. Nasi Likku sering jadi kesayangan warga Makassar guna dijadikan sajian khusus ketika perayaan Lebaran tiba. Saking favoritnya, andai kamu ber-Lebaran di Makassar bisa jadi besar akan mendatangi masakan ini.

2. Nasu Itik Palekko

Bagi orang Makassar, konon Lebaran tak terasa lengkap andai tak terdapat hidangan ini. Nasu Itik Palekko ialah masakan berbahan dasar bebek muda yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan disajikan bareng nasi putih. Umumnya, panganan ini mempunyai cita rasa tidak banyak berlemak yang didapatkan dari kulit bebek muda. Lezat!

3. Burasa

Jika di wilayah lain ketupat jadi primadona ketika Lebaran, di Makassar, Burasa jadi “ketupat” pilihan yang jadi kesayangan masyarakat Makassar. Burasa berbahan dasar beras pulen yang dimasak bareng santan kental sampai setengah matang, ada pun yang menambahkan daun pandan atau daun salam guna mendapatkan wangi yang khas.

4. Barongko
Sebagai dessert, penduduk Makassar kerap mencicipi Barongko ketika hari raya Lebaran. Barongko sendiri adalahkue tradisional khas Bugis Makassar dengan tekstur yang lembut, tidak banyak basah, dan mempunyai rasa yang manis. Bahan dasar barongko ialah pisang yang sudah dihaluskan, lalu dibaur dengan telur dan santan, baru dibalut dengan daun pisang dan dikukus. Barongko lebih nikmat bila dicicipi dingin sehabis ditabung di dalam kulkas.

5. Sop Konro / Konro Bakar

Dulu Konro melulu menjadi santapan istimewa untuk keluarga kerajaan Makassar. Karena tersebut Konro memiliki karakteristik yang istimewa dikomparasikan makanan-makanan berkuah lainnya di Makassar. Tidak mengandung daging atau jeroan, Konro dipenuhi dengan iga sapi yang memiliki daging lembut. Dalam penyajiannya, konro dapat dimasak sop dan juga dapat dibakar. Konro bakar disajikan dengan bumbu kacang dan kuah yang terpisah. Anda dapat mencoba Sop Konro Karebosi yang berlokasi di Jalan Gunung Lompobattang. Untuk merasakan satu porsi, kita perlu menunaikan Rp. 30.000,-.

6. Sop Saudara

Sop Saudara aslinya berasal dari Kabupaten Pangkep (Pangkajene Kepulauan), Sulawesi Selatan. Awalnya resep Sop Saudara ini dibuat oleh dua bersaudara, lantas mereka mempatenkannya. Jadi semua penjaja Sop Saudara seringkali mempunyai hubungan family dengan penemunya itu. Sama laksana sop biasa yang mengandung daging dan jeroan, namun Sop Saudara diperbanyak dengan babat. Sop Saudara juga dibaur dengan bihun dan perkedel kentang. Bumbu Sop Saudara tidak bertolak belakang jauh dengan bumbu Coto Makassar, namun diperbanyak santan dan adukan telur. Anda dapat mengunjungi Warung Pangkep Sop Saudara di Jalan Sulawesi Lorong 107 yang menawarkan harga Rp. 12.000,- guna satu porsi Sop Saudara.

Nah telah tahu kan kuliner Lebaran laksana apa yang jadi khas penduduk Makassar. Buat anda yang siap-siap guna mudik ke Makassar, tidak boleh lewatkan peluang menginap di Airy Rooms. Karena di samping kamarnya yang nyaman menyeluruh dengan 7 standar fasilitas, menginap di Airy Rooms dapat lebih hemat! Buktikan langsung di promo diskon 25% di semua kamar Airy Rooms. Gunakan kode kupon: MUDIKSERU guna mendapatkan potongan harga 25% (jumlah maksimal potongan Rp200.000), tanpa minimum transaksi.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *